Cara Menggunakan USB OTG di Android (Samsung, Asus, Oppo, Sony)

Cara Menggunakan USB OTG di Android – Di era modern saat ini, kemapuan teknologi informasi semakin canggih, dan penggunannya pun dimudahkan dalam melakukan berbagai aktifitas. Salah satu teknologi populer dari sebuah perangkat Android, adalah teknologi USB On The GO (OTG). Lalu sebenarnya apa itu USB OTG di Android?

USB OTG sendiri merupakan sebuah fitur yang ada pada smartphone atau tablet Android dengan kemampuan untuk membaca file dari flashdisk ataupun eksternal storage lainnya. Tentu saja kemampuanj tersebut mencangkup baca, edit, hingga transfer file melalui perangkat smartphone ke eksternal storage lainnya seperti flashdisk.

Cara Menggunakan USB OTG di Android 1

Cara Menggunakan USB OTG di Android

Sebenarnya cara menggunakan USB OTG di Android ini sangatlah muda, hanya tinggal menancapkan kabel converter USB OTG pada smartphone, dan USB OTG sudah dapat digunakan

Namun, tidak semua merk Android bisa mengaktifkan USB OTG dengan cara tersebut. Karena beberapa diantaranya, membutuhakn pengaturan khusus untuk mengaftikan fitur USB OTG. Salah satu merk smartphone yang membutuhkan pengaturan, diantaranya adalah smartphone Oppo FI series yaitu Oppo F1, F1 Plus dan F1s, smartphone dari Andromax, dan merk-merk lainnya.

Nah berikut ini adalah nicehp.com akan memberikan cara mengaktifkan USB OTG di Android dari langkah awal hingga langkah akhir dimana fitur USB OTG sudah dapat digunakan.

Cara Menggunakan dan Mengaktfikan USB OTG di Android

1. Tancapkan kabel USB OTG pada smartphone dan juga flashdisk (kabel USB OTG tersedia di toko-toko komputer atau toko online Indonesia).

Cara Menggunakan USB OTG di Android 2

2. Masuk ke menu File manager atau apilkasi lain yang sejenis.

3. Cari folder USB Flashdisk pada aplikasi File Manager (lokasi folder USB flashdisk berbeda-beda tergantung merk dan tipe smartphone).

4. Jika Anda tidak menemukan folder USB flashdisk pada File Manager, berarti smartphone Anda memerlukan pengaturan khusus seperti yang sudah saya jelaskan diatas. Yaitu dengan mengaktifkan terlebih dahulu fitur USB OTG. Caranya adalah dengan masuk ke menu Settings > Additional settings > OTG connection > Aktifkan dengan geser toogle ke samping.

Selesai, fitur USB OTG sudah dapat digunakan untuk mengedit atau mentransfer file melalui flashdisk ke smartphone atau sebaliknya. Bagaimana, tidak terlalu sulit kan cara menggunakan USB OTG di Android?

Baca juga Memindahkan Aplikasi Android ke Memori Eksternal (SD Card)

Demikian adalah pembahasan dari nicehp.com mengenai cara menggunakan USB OTG, semoga dapat menjadi referensi untuk Anda yang bingung menggunakan fitur ini di Android Anda.

Cara Menggunakan USB OTG di Android (Samsung, Asus, Oppo, Sony) | Andhika Hutomo | 4.5