Cara Membuat RAM dan Internal Android Lebih Lega dan Tidak Penuh

Cara Membuat RAM dan Internal Android Lebih Lega dan Tidak Penuh – Kapasitas memori memang saat ini menjadi salah satu kriteria penting bagi pengguna dalam memilih smartphone mana yang mereka beli. Semakin besar kapasitas memori baik itu memori RAM dan juga memori internal, akan semakin baik juga kinerja dari smartphone tersebut.

Namun adakalanya pengguna tidak sadar kalau mereka sudah menginstal banyak aplikasi dan fitur serta menjalanakan aplikasi tersebut secara bersamaan sehingga kapasitas RAM dan internal menjadi penuh. Jika hal ini terjadi, tentu membuat kinerja dari smartphone akan menurun. Bahkan akan banyak aplikasi-aplikasi yang force close atau tutup secara paksa.

Tentunya cara yang paling cepat untuk mengatasi memori internal penuh, adalah dengan melakukan uninstal aplikasi-aplikasi yang sudah tidak dibutuhkan. Tetapi banyak permasalahan timbul ketika sudah menghapus aplikasi, namun memori masih terasa sesak. Oleh karena itu pada kesempatan ini, nicehp akan membagikan informasi cara membuat RAM dan memori internal menjadi lebih lega. Langsung saja berikut ini caranya.

Cara Membuat RAM dan Internal Android Lebih Lega

1. Download dan instal aplikasi CCLEANER disini.

2. Setelah proses instal dan memasang aplikasi selesai, buka aplikasi CLEANER tersebut.

3. Pilih “analyze” untuk menjalankan proses memindai memori RAM dan internal pada Android.

Cara Membuat RAM dan Internal Android Lebih Lega

4. Setelah proses memindai selesai, akan keluar daftar file yang membuat memori penuh. Checklist semua lalu lanjutkan dengan “Clean

Cara Membuat RAM dan Internal Android Lebih Lega

5. Selain berfungsi untuk menghhapus cache dan folder kosong pada Android, aplikasi ini juga bisa melakukan uninstal aplikasi secara langsung.

6. Caranya tab icon 3 garis di pojok atas, lalu pilih “App Manager“.

Cara Membuat RAM dan Internal Android Lebih Lega

7. Lalu pilih aplikasi mana saja yang ingin diuninstal dan dihapus.

8. Selesai, silahkan cek lagi apakah sudah ada perubahan signifikan pada RAM dan memori internal dengan cara memindai lagi kapasitas memori Android pada pilihan analyze seperti pada langkah sebelumnya

Selain cara diatas, Anda bisa melakukan backup pada semua file media di Android Anda untuk membuat memori internal lebih lega.  Cara backupnya tinggal mengaktifkan fitur backup otomatis Google Photo.

Setelah fitur tersebut diaktifkan, otomatis semua file media foto akan diunduh ke akun Google Photo ketika Android terhubung dnegan jaringan Wifi atau internet. Setelah foto berhasil dibackup, fitur Google Photo akan mengkonfirmasi apakah foto tersebut mau dihapus dari perangkat atau tidak.

Baca Juga Tips Android Lainnya:

  1. Cara Menghapus Data Android Agar Tidak Bisa Dikembalikan
  2. Cara Mengatasi Android yang Lemot
  3. Cara Mengaktifkan Wifi Hotspot (Tethering) Pada Android

Itu tadi adalah cara membuat RAM dan internal Android lebih lega dan tidak penuh. Selamat mencoba, dan semoga bisa menjadi solusi untuk memperbaiki kinerja dari smartphone Android Anda.

Cara Membuat RAM dan Internal Android Lebih Lega dan Tidak Penuh | Andhika Hutomo | 4.5