Tips Mengatasi HP Yang Terendam Air Agar Tidak Rusak

NiceHP.com – HP atau ponsel merupakan barang elektronik yang dulu hanya sekedar alat komunikasi, saat ini sudah menjelma menjadi gaya hidup masyarakat nodern. Hal tersebut tidak terlepas dari banyaknya merk HP yang menawarkan berbagai kemudahan untuk menjalani aktifitas sehari-hari bagi penggunanya berkat berbagai fitur canggih didalamnya. Tetapi meskipun sudah dilengkapi teknologi canggih, HP masih sangat rentan terhadap air. Oleh sebab itu banyak orang mengeluhkan ponsel atau HP yang dimilikinya rusak dikarenakan HP yang terendam air.

Meskipun saat ini pada vendor sudah menawarkan HP dengan fitur anti air, sehingga pengguna tidak perlu terlalu khawatir HP yang dimilikinya akan rusak jika terkena air. Tetapi tetap saja fitur tersebut hanya dimiliki oleh merk-merk tertentu saja. Biasanya fitur tersebut hanya disematkan oleh HP premium dengan harga yang tinggi. Nah jika saat ini anda sedang mengalami permasalahan HP terendam air, berikut NiceHP akan menyajikan beberapa tips mengatasi HP yang terendam air agar tidak rusak.

Tips Mengatasi HP Yang Terendam Air

Tips Mengatasi HP Yang Terendam Air Agar Tidak Rusak

1. Segera Ambil HP Yang Terendam Air

Advertisement :

Meskipun casing dan bodi pada kebanyakan HP terlihat tertutup rapat, tetapi benda cair tersebut dapat dengan mudah menembus ke dalam bodi HP anda sehingga akan merusak bagian dalam HP. Oleh sebab itu jika anda mengalami HP tang tidak disengaja terendam air, sesegera mungkin ambilah HP anda tersebut. Karena waktu lamanya HP berada di dalam air, cukup berpengaruh terhadap kerusakan HP anda nantinya.

2. Matikan HP Setelah Terendam Air

Langkah selanjutnya adalah jika HP yang anda ambil tersebut masih dalam keadaan hidup, segera matikan HP anda tersebut untuk mencegah korsleting atau hubungan pendek pada aris listrik. Begitupula jika HP yang terendam air tersebut langsung mati, jangan coba-coba menyalakan HP sebelum HP tersebut dikeringkan.

3. Jangan Mengambil HP Dalam Keadaan Terhubung Charger

Perlu anda ketahui, jika HP anda terendam air dalam keadaan charger masih menempel, jangan coba-coba mengambil HP tersebut. Karena alih-alih ingin menyelamatakan HP anda, HP yang terendam air bisa jadi malah akan membahayakan diri anda. Jadi jika HP terendam air dalam kondisi terhubung charger, ada baiknya anda biarkan terlebih dahulu dan pastikan HP sudah tidak teraliri arus listrik.

4. Keringkan Air Pada HP Yang Terendam

Langkah yang satu ini, merupakan langkah yang paling penting yang mesti anda lakukan jika mengalami masalah HP terendam air. Lepas semua semua coverHp dan juga baterainya, dan keringkan dengan handuk atau bahan lain yang dapat mengeringkan ponsel. Pastikan semua bagian pada ponsel sudah kering, karena komponen elektronik yang terdapat didalam ponsel, dapat diselamatkan meskipun habis terendam oleh air jika tidak ada aliran listrik yang mengalir dari baterainya.

5. Segera Lepaskan SIM Card Dan Memori Card Pada HP

Meksipun dua komponsen penting ini lebih tahan terhadap air, tetapi untuk menghindari hal–hal yang tidak diinginkan segeralah lepas SIM dan Memori Card pada HP yang terendam air. Hal terseut untuk menghindari kedua komponen tersebut mengalami kerusakan, karena bisa saja kedua komponen tersebut menyimpan data-data yang sangat penting untuk anda.

Tips Mengatasi HP Yang Terendam Air Agar Tidak Rusak 2

6. Ulangi Proses Pengeringan

Selanjutnya untuk memastikan HP dalam kondisi sudah kering total, lakukan proses pengeringan sekali lagi. Salah satu cara yang seringkali dilakukan untuk mengeringkan HP yang terendam air adalah dengan menggunakan vacuum cleaner. Atau jika vacuum cleaner ini kurang berhasil menghilangkan air dialam HP, and ajuga bisa menggunakan bahan-bahan yang dapat menyerap air seperti beras, dengan cara merendamnya kedalam beras. Selain itu bahan lain yang lebih efektiff untuk menyerap air adalah silica gel, yaitu dengan cara merendamnya kedalam silica gel pada tempat atau wadah yang tertutup rapat.

7. Nyalakan HP Yang Sudah Kering

Setelah beberapa langkah diatas sudah dilakukan, dan anda meras HP sudah kering secara total, coba nyalakan HP anda tersebut setidaknya setelah menunggu selama 24 jam. Jika HP tidak menyala, coba hubungkan ke charger. Lihat apakah HP menyala setelah dihubungkan ke charger atau tidak, jika HP menyala ketika dihubungkan ke charger, besar kemungkinan kerusakan terjadi pada baterai.

8. Bawa HP Ke Tempat Service

JikaHP masih tidak menyala juga, jalan terbaik untuk anda orang awam yang tidak menguasai HP adalah membawanya ke service HP atau ahlinya. Jangan mencoba untuk membongkar HP anda tersendiri, karena berpotensi membahyakan diri anda dikarenakan bahan-bahan kimia yang terdapat pada HP, atau tersengat listrik.

Baca : Cara Memindahkan Aplikasi Android ke Memori Eksternal

Nah itu tadi sedikit Tips Mengatasi HP Yang Terendam Air Agar Tidak Rusak. Semoga setelah mengikut beberapa tips tersebut HP anda dapat terselamatkan.