Tips Cara Mengatasi Android yang Lemot

Tips Cara Mengatasi Android yang Lemot – Beberapa tahun belakangan kepopuleran platform Android memang cukup melesat. Ditambah dengan aplikasi andalan Blackberry yaitu BBM yang dapat dioperasikan pada Android membuat Android menjadi pilihan untuk pengguna Smartphone atau Tablet.

Tapi bagaimana jika perangkat Android anda memiliki performa yang lemot atau lambat, pastinya akan sangat mennyebalkan. Berikut Nice HP akan memberikan Tips Cara Mengatasi Android yang Lemot

Tips Cara Mengatasi Android yang Lemot

Android

  1. Aplikasi Task Manager
    Hal yang sering dilupakan oleh kebanyakan pengguna Android adalah menutup aplikasi yang sudah selesai digunakan, Hal tersebut dapat membuat performa Android anda akan menurun atau menjadi lemot. Untuk mengatasi hal tersebut anda dapat menginstal Aplikasi Task Manager. Layaknya seperti aplikasi Windows Task Manager pada windows, aplikasi ini berfungsi untuk mematikan aplikasi yang sudah tidak digunakan. Dengan aplikasi ini anda juga dapat lebih menghemat konsumsi baterai Android anda.
  2. Hapus Cache
    Cache merupakan history dari aktifitas yang terjadi pada Android dan akan tersimpan di memori. Terkadang pengguna Android tidak menyadari bahwa Cache yang setiap saat akan terus bertambah menjadi salah satu faktor Android anda menjadi lemot. Untuk mengatasinya anda bisa menginstal aplikasi History Eraser, aplikasi ini berfungsi untuk menghapus Cache yang ada pada Android anda.
  3. Pindah aplikasi ke Memory Eksternal
    umumnya ketika anda baru menginstal aplikasi atau mungkin aplikasi bawaan dari vendor akan tersimpan pada Memory Internal. Jika perangkat Android anda memiliki Memory Eksternal, ada baiknya anda pindahkan aplikasi aplikasi tersebut ke memory Eksternal. Hal tersebut untuk mengurangi terjadinya low memory internal, karena jika memory internal anda penuh pastinya akan membuat performa Android anda menjadi lemot. Cara memindahkan cukup masuk ke menu setting –> Application –> Manage Application ( pilih aplikasi yang ingin dipindah ) –> Klik move to SD Card.
  4. Hapus/Uninstal Aplikasi
    Terlalu banyak aplikasi pada Android juga merupakan faktor terbesar android anda menjadi lemot. Hapus atau Uninstal Aplikasi Aplikasi yang tidak dibutuhkan. Dan sebaiknya anda lebih selektif dalam memilih aplikasi mana yang akan diinstal sesuai kebutuhan anda.

Walaupun perangkat Android memang bisa dibilang lebih unggul dalam performa dibandingkan perangkat ponsel atau tablet lainnya, tetapi tidak menutup kemungkinan Android juga dapat mengalami performa yang lambat atau lemot. Demikian beberapa Tips Cara Mengatasi Android yang Lemot.